Tips Belanja di Hong Kong

Selasa, 20 November 2012 0 komentar
Bagai agenda wajib, shopping menjadi kegiatan yang tak boleh dilewatkan saat traveling ke Hong Kong. Meski bertabur toko dengan barang bermerek, ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat belanja di sana.

Hong Kong, Negeri Bruce Lee ini memang menarik dikunjungi, terutama para penggila shopping. Betapa tidak, ada banyak toko yang menjual barang bermerek dan lucu. Asyiknya, tak sedikit yang dijual dengan harga murah.

Eits, meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati saat belanja di Hong Kong. Tak sedikit toko yang nakal dengan menjual barang dengan harga tinggi. Parahnya, ada pula pedagang yang menjual barang tiruan.

Dilongok dari Lonely Planet, Jumat (19/10/2012), inilah 9 hal yang harus diperhatikan, agar shopping di Hong Kong semakin menyenangkan:

1. Pandai menawar

Hal pertama yang harus diperhatikan saat belanja di Hong Kong adalah pastikan Anda menawar. Ya, tawar menawar adalah hal yang lumrah terjadi di toko-toko yang ada di Hong Kong, kecuali mal. Jadi, Anda tak perlu ragu menawar jika harga yang diberikan penjual dirasa mahal.

2. Perhatikan garansi

Garansi adalah hal lain yang wajib diperhatikan turis ketika membeli barang elektronik di Hong Kong. Periksa dengan teliti apakah barang yang Anda beli sudah dilengkapi kartu garansi berstempel. Perhatikan pula nomer seri, tanggal pembuatan, dan alamat toko sesuai dengan yang tertera di kartu garansi.

Mengapa perlu diperhatikan? Karena tidak sedikit toko di Hong Kong yang menjual barang hasil dari pasar gelap, yang tidak dilengkapi surat-surat. Jika membeli barang semacam ini tentu akan merepotkan Anda kelak.

3. Suka barang antik? Beli saja di Wyndham St

Untuk traveler pecinta barang antik, Anda bisa datang ke Wyndham St dan Hollywood Rd dan Sheung Wan. Di sepanjang jalan itu, ada banyak toko yang menjual aneka barang antik.

Jika berjalan ke arah barat dari Hollywood Rd, pelancong bisa bertemu toko-toko yang menjual barang antik dengan harga lebih murah. Khusus turis yang ingin berburu kerajinan tangan, keramik, dan lukisan khas Hong Kong, bisa datang ke Yue Hwa Chinese Products Emporium.

4. Pacific Place dan Festival Walk untuk belanja baju

Beberapa pusat perbelanjaan di Hong Kong memang terpusat di beberapa tempat, seperti fashion. Jika Anda ingin berburu pakaian, mampir saja ke Pacific Place di Admiralty, dan Festival Walk di Kowloon Tong.

Kalau ingin membeli pakaian dengan harga murah, Anda bisa menemukannya di Jardine's Bazaar yang ada di Causeway Bay. Selain itu, pakaian murah juga banyak dijual di toko-toko yang ada di Lee Garden Rd. Masih mahal? Tidak perlu kuatir, karena Hong Kong masih punya tempat yang menjual pakaian murah, yaitu di pasar dadakan Tung Choi St di Mongkok. Di sinilah pusatnya tumpukan barang-barang murah, mulai dari pakaian, tas, hingga perhiasan.

5. Komputer murah ada di Kowloon

Di kalangan turis, Hong Kong dikenal sebagai tempatnya membeli komputer dengan harga yang cukup miring. Tak heran kalau banyak wisatawan yang berburu komputer atau pun perlengkapannya di sini. Nah, salah satu sentra penjualan komputer yang banyak wisatawan datangi ada di Knowloon. Di sini, ada banyak jenis komputer yang bisa Anda pilih. Soal harga tak perlu kuatir, karena barang yang dijual di Kowloon murah.

6. Kalau beli giok, datang saja ke Jade Market

Aksesori China yang wajib dibeli saat traveling ke Hong Kong tentu saja giok. Bagaikan jimat, giok tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat China, termasuk di Hong Kong. Konon, giok dipercaya bisa mencegah penuaan dan menjadi penangkal bahaya.

Ada banyak toko yang menjual giok, tapi kawasan yang menjual giok paling banyak dengan harga miring ada di Jade Market di Yau Ma Tei. Di sana, Anda tidak hanya bisa membeli giok, tetapi juga perhiasan lain termasuk mutiara, dengan harga lebih murah dibanding tempat lain.

7. Perlengkapan fotografi ada di Tsim Sha Tsui

Salah satu yang harus diperhatikan saat membeli barang elektronik adalah kondisi barang dan garansi. Mengapa? Karena tidak semua toko elektronik yang ada di Hong Kong menyediakan barang eletronik dengan kondisi baik.

Salah satu kawasan yang menjual barang elektronik dengan kualitas baik ada di Tsim Sha Tsui. Ada banyak toko yang menjual barang elektronik berupa perlengkapan fotografi. Semua barang diberi harga murah. Ya, inilah surganya penggila fotografi di Hong Kong.

8. Hati-hati saat membeli jam

Selain banyak toko fashion, Hong Kong juga dihuni banyak toko jam tangan. Hampir di setiap sudut jalannya ada toko yang menjual jam berbagai merek. Eits, tapi hati-hati ya, tidak semua jam yang dijual di sana asli.

Ada beberapa yang tiruan alias palsu. Yang lebih parah, ada barang yang dijual dengan harga gila-gilaan. Agar tidak tertipu, pastikan toko yang Anda datangi sudah mencantumkan label harga di jam. Jangan lupa pula periksa kelengkapan surat.

9. Perhatikan seksama saat membeli barang kulit

Tas kulit dengan merek terkenal banyak dijual di toko-toko yang ada di Hong Kong, mulai dari Louis Vuitton dan Gucci. Asyiknya, tak sedikit pula yang dijual diskon. Eits, tapi jangan langsung tergiur dengan diskon ini, ya, karena tidak semua barang masih dalam kondisi baik, ada yang cacat.

sumber :  http://travel.detik.com/read/2012/10/19/110939/2066923/1048/9-tips-belanja-di-hong-kong

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

 

©Copyright 2011 Anggi Meliyan Saputra | TNB