Nyasar Naik Subway di New York, No Way!

Selasa, 20 November 2012 0 komentar
Pasang mata, pasang telinga. Jangan sampai rencana jalan-jalan di New York jadi bencana dengan tips berikut. Nyasar saat naik kereta bawah tanah (subway)? No way!

Cara mudah dan murah mengelilingi kota New York, AS, adalah dengan naik kereta bawah tanah alias subway. Seluruh penjuru kota New York bisa dijangkau dengan subway. Mulai dari pusat perkantoran dan belanja di Manhattan, sampai kawasan pemukiman di Brooklyn, bisa disambangi dengan naik subway.

Namun jangan terlalu percaya diri saat naik transportasi cepat ini. Disusun detikTravel, Rabu (10/10/2012) ada yang perlu diperhatikan supaya Anda tidak tersesat:

1. Peta

Buka situs resmi subway New York http://www.mta.info untuk mengetahui letak stasiun dan jalur kereta apa yang melewati stasiun tersebut. Ada lebih dari 20 jalur kereta yang beroperasi. Ada yang menggunakan huruf alfabet (misalnya A, C, N) dan angka (misalnya 1, 2, 6). Informasi mengenai jalur kereta yang beroperasi di masing-masing stasiun bisa Anda lihat di setiap pintu masuk.

2. Downtown - Uptown

Saat ingin bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya, yang harus diperhatikan bukan hanya jalur kereta. Tapi juga arah. Di New York, dikenal istilah uptown dan downtown.

Misal, dari gemerlap billboard di Time Square Anda mau menikmati suasana syahdu di Central Park. Dari Stasiun 42 Street, naik kereta A dengan arah Uptown. Lalu turun di Stasiun 81st Central Park West. Jika dari Central Park mau kembali lagi ke Time Square, Anda bisa kembali naik kereta A namun dengan arah sebaliknya. Bukan Uptown, melainkan Downtown.

Pintu masuk stasiun arah uptown dan downtown biasanya berbeda, saling berseberangan. Jika di pintu masuk tidak ada keterangan arah, jangan khawatir. Berarti Anda bisa memilih arah uptown atau uptown begitu sudah masuk ke dalam stasiun.

3. Pemberhentian

Jalur kereta sudah benar, arah tepat, ada satu lagi yang perlu dicek. Pemberhentian. Kereta yang harusnya berhenti di satu stasiun bisa akhirnya jalan terus menuju pemberhentian berikutnya. Hal ini mungkin terjadi jika penumpang sangat sepi, sangat ramai, atau sedang ada perbaikan. Yang perlu Anda perhatikan adalah selebaran yang ditempel di stasiun dan pengumuman lewat pengeras suara. Biasanya akan ada info, "Ini adalah kereta ekspres. Pemberhentian berikutnya di stasiun ..."

Tak perlu bingung. Dengarkan dengan seksama. Biasanya Anda akan mendapat info untuk mengarah ke stasiun yang diinginkan.

4. Aplikasi

Jika punya smartphone, mendownload aplikasi HopStop akan sangat membantu. Cukup masukkan lokasi awal dan tujuan, lalu akan muncul informasi mengenai stasiun terdekat, jalur kereta, arah, dan berapa lama waktu perjalanan.

Selamat menikmati perjalanan. Nyasar naik Subway, No Way!

sumber: 

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

 

©Copyright 2011 Anggi Meliyan Saputra | TNB