8 Resep Agar Permohonan Visa Amerika Serikat Disetujui

Selasa, 20 November 2012 0 komentar
Salah satu momen menegangkan bagi para pemohon visa Amerika Serikat adalah saat wawancara. Berikut beberapa resep yang dipercaya manjur memperlancar proses disetujuinya pengajuan visa.

Pada tahapan wawancara ini, pemohon dapat langsung mengetahui apakah permohonan visanya disetujui atau ditolak. Wawancara dilakukan di dua tempat. Pemohon dapat memilih salah satunya. Di Kedubes AS, Jakarta (Jl Medan Merdeka Selatan, No 3-5) atau Konjen AS di Surabaya (Jl Raya Dr Soetomo No 33).

Berikut detikTravel menyusun beberapa resep yang dipercaya manjur memperlancar proses disetujuinya pengajuan visa, Jumat (28/9/2012):

1. Cek kelengkapan dokumen

Sehari sebelum wawancara, cek kelengkapan dokumen yang harus dibawa. Dalam artikel sebelumnya, detikTravel sudah menuliskan 5 dokumen yang wajib dipersiapkan. Paspor (dan paspor lama jika ada), bukti pembayaran, print konfirmasi pengisian form, print konfirmasi jadwal wawancara dan pasfoto.

2. Bawa serta dokumen pendukung

Siapkan juga dokumen yang bisa mendukung proses wawancara Anda. Misalnya buku tabungan, rekening koran, surat keterangan kerja, slip gaji, kepemilikan aset (rumah), atau surat undangan perjalanan ke AS (jika ada). Bawa dokumen yang asli, bukan fotokopi.

3. Tinggalkan gadget, selipkan buku bacaan

Di pintu gerbang, petugas akan memeriksa bawaan Anda. Seluruh barang yang dianggap dapat membahayakan, termasuk telepon seluler, harus dititipkan di petugas.

Anda diperkenankan membawa tas berisi dokumen. Namun agar simple, detikTravel sarankan agar hanya membawa: 1. Seluruh dokumen dalam map plastik. 2. Dompet di saku celana. 3. Buku bacaan atau majalah untuk menemani waktu menunggu di dalam.

4. Datang lebih awal

Pilihan waktu wawancara untuk daerah Jakarta adalah pukul 07.00 dan 07.30 WIB. Pemohon visa diminta datang 15 menit sebelumnya. Namun nyatanya, antrean sudah dimulai pukul 06.00 WIB. Datang lebih awal akan membuat Anda tenang mempersiapkan diri untuk wawancara.

5. Kendaraan pribadi vs Angkutan umum

Jangan repotkan diri mencari parkiran di seputar Kedubes. Jika ingin naik kendaraan pribadi, pastikan ada yang disupiri dan dijemput saat wawancara selesai. Jika tidak, lebih baik naik angkutan umum. Tak hanya taksi, bajaj pun bisa berhenti persis di depan Kedubes AS.

6. Bukan ruang interogasi polisi

Jangan bayangkan ruang interogasi polisi seperti yang ada di film-film. Wawancara berlangsung di tempat yang bisa dibilang mirip area pembelian tiket kereta api. Ada loket-loket dengan petugas Kedubes asli Amerika di baliknya.

Puluhan pemohon visa yang sudah diberi nomor kelompok akan masuk secara bersamaan. Petugas lantas mengumumkan, 'kelompok nomor sekian, wawancara di loket sekian'. Para pemohon visa akan membentuk antrean, dan proses wawancara dimulai.

7. Tenang & meyakinkan

Petugas akan bertanya dalam Bahasa Inggris. Namun jika Anda kesulitan, mereka akan berbahasa Indonesia. Pertanyaan yang umum ditanyakan: 1. Apa yang akan Anda lakukan di AS? 2. Akan jalan-jalan ke mana? 3. Apakah punya keluarga yang menetap di AS 4. Perjalanan dibiayai oleh siapa? 5. Apa pekerjaan Anda di Indonesia?

Jawab dengan tenang dan meyakinkan. Jika perlu, tunjukkan dokumen penunjang yang sudah disiapkan. Ini lah antara lain mengapa perlu membawa bukti kondisi keuangan Anda. Petugas perlu diyakinkan kalau rencana perjalanan benar untuk berlibur, bukannya jadi pekerja gelap atau akan menetap.

8. Senyum manis

Jika seluruh persyaratan administrasi dipenuhi & petugas puas dengan seluruh jawaban, Anda akan diberi lembaran putih. Isinya adalah informasi bahwa permohonan disetujui dan kapan bisa menerima paspor yang sudah dilengkapi visa AS.

Anda pun bisa tersenyum manis.

Catatan: Jika ternyata visa tidak disetujui, pemohon akan mendapat kertas dengan warna berbeda. Isinya adalah keterangan apakah visa butuh proses lebih lanjut, ditunda karena butuh dokumen pendukung, atau ditolak.

sumber : http://travel.detik.com/read/2012/09/28/084146/2042329/1048/8-resep-agar-permohonan-visa-amerika-serikat-disetujui

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

 

©Copyright 2011 Anggi Meliyan Saputra | TNB