Perkembangan Teknologi PC Tablet, Apple iPad, Samsung Galaxy Tab & BlackBerry PlayBook

Minggu, 06 Januari 2013 0 komentar
iPad merupakan PC tablet keluaran Apple ini merupakan gadget yang sedang "panas" dibicarakan. Tapi tau kah kamu, kalau Apple iPad itu bukan PC tablet pertama yang pernah dikeluarkan di muka bumi ini?
First PC Tablet, Gridpad
20 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1990, PC tablet bernama Gridpad lahir di muka bumi sebagai PC tablet pertama di dunia. Sayangnya, Gridpad tidak berkembang karena harganya yang relatif mahal dibandingkan dengan harga PC Desktop atau Laptop pada jamannya.
Apple MessagePad, Apple's First PC Tablet
Kemudian pada tahun 1993, Apple mengeluarkan PC Tablet pertama mereka yang dinamakan Apple MessagePad. Bentuknya mirip dengan Pocket Digital Assistance (PDA). Apple MessagePad merupakan produk tercanggih pada saat itu, sudah mendukung layar sentuh (touch screen) dan sudah mampu mengenali pola-pola tulisan. Namun lagi-lagi karena harganya yang sangat mahal, Apple MessagePad tidak bertahan lama.
Tablet Notebook Motion Computing M1200
Setelah PC tablet lama vakum di pasaran, PC tablet kembali muncul pada tahun 2002 yaitu dengan munculnya Tablet Notebook Motion Computing M1200 dengan menggunakan sistem operasi Windows PC Tablet. Tablet Notebook Motion Computing M1200 memiliki bentuk yang elegan, tapi sayang karena baterainya yang tidak tahan lama membuat PC tablet ini tewas di pasaran.
Apple iPad
Dan akhirnya pada awal april 2010, Apple kembali memunculkan PC tablet. Dengan iPad-nya Apple ingin merubah image PC tablet serta keberhasilan produk mereka. Kekuatan Apple iPad adalah kepiawaian Apple dalam mengemas dan mengkombinasikan aplikasi-aplikasi Apple dengan kualitas dan desain hardware mereka yang berkelas. Bahkan Apple mencoba menjajagi menawarkan format kepada para penerbit buku dan film untuk memformast produk-produk buku dan film, agar dapat dipasang di iPad mereka.
Lihat harga pasaran Samsung Galaxy. harga samsung galaxy tab. harga samsung s5233. harga samsung b7320. harga samsung star. harga samsung galaxy s di indonesia. harga hp samsung galaxys. harga samsung s5233w. harga samsung corbi.
Tidak mau kalah dengan Apple produsen dari Korea Selatan, Samsung menghadirkan Samsung Galaxy Tab. Tak cuma sekadar tablet seperti Apple iPad, Samsung Galaxy Tab juga dilengkapi fungsi telepon dan kamera. Dari segi ukuran, layar tablet yang memiliki sitem opreasi Android versi 2.2 (Froyo) ini memang lebih mungil dibandingkan iPad, hanya sekitar 7 inci. Di dalam layar TFT kapasitif tersebut, Samsung menawarkan resolusi gambar 1024x600 piksel yang ditenagai prosesor Cortex-A8 berkekuatan 1GHz.
Selain itu, untuk konektivitas data, produk dilengkapi GSM/GPRS/EDGE hingga 3G HSDPA 7,2Mbps; HSUPA 5,76Mbps. Wi-Fi? Tak mau kalah dengan iPad. Samsung juga melengkapi tabletnya dengan WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, plus Bluetooth 3.0 dan USB 2.0

Menilik fiturnya, Samsung Galaxy Tab juga tidak kalah mewah dari pesaingnya. Selain terintegrasi dengan sejumlah jejaring sosial (Facebook, Twitter, MySpace, Plurk, dan lain-lain), tablet Android ini juga dilengkapi dengan pemutar video Full HD, TV-out, pemutar video (MP4/DivX/WMV/H.264/H.263), dan pemutar audio (MP3/WAV/eAAC+/AC3/FLAC).
Dan yang paling terbaru adalah PC tablet dari Research in Motion (RIM), BlackBerry Playbook (BlackPad). Playbook diperkenalkan di DevCon 2010 San Fransisco pada senin 27 September 2010 kemarin, menurut co-CEO RIM Jim Balsillie tablet BlackBerry bernama PlayBook ini akan menggeser iPad yang telah menjadi trendsetter dalam pasar PC tablet.
Dari sisi sistem operasi, RIM membenamkan OS di tabletnya tersebut dengan sebutan BlackBerry Tablet OS, yang merupakan hasil kembangan perusahaan bernama QNX, yang baru saja diakusisi oleh RIM beberapa waktu lalu. BlackBerry Tablet OS yang akan menawarkan OpenGL penuh dan dukungan POSIX samping standar web seperti HTML5 .

Lalu, dari bagian dalamnya, PlayBook hadir dengan layar 7-inci, plus resolusi 1024 x 600 multitouch kapasitif. Prosesornya berbasis Cortex A91GHz CPU dual-core, oleh RIM menyebutnya sebagai tablet tercepat yang pernah. Lalu kapasitas RAM mencapai 1GB, dengan tambahan kamera dibagian depan beresolusi 3 megapixel, dan kamera belakang 5 megapixel. Bisa ditebak, PlayBook mampu menjalankan fitur video conference.

Dilansir melalui Engagdet, Selasa (28/9/201), yang menjadi misteri adalah tidak ada menyebutkan kapasitas penyimpanan selama keynote berlangsung, meskipun pada acara berlangsung perangkat ini dilabali angka16GB dan 32GB pada panel belakang mereka.

Playbook akan mampu memutar video berkualitas HD 1080p , dan dilengkapi dengan port HDMI serta jack microUSB, 802.11a/b/g/n WiFi, dan Bluetooh 2,1. Perangkat mempunya lebar 5.1 dan ketebalan 0,4-inci tebal, serta berat hanya 400gram (atau sekitar 0,9 pon).

Sementara Playbook tampaknya tidak mengandalkan konten telepon saja, siaran pers dari perusahaan mengatakan bahwa pengguna dapat menggunakan tablet mereka dan smartphone bergantian tanpa khawatir tentang sinkronisasi atau duplikasi data.

Sayangnya, belum diketahui kapan dan harga yang akan dirilis oleh RIM terhadap PlayBook tersebut. Karena acara ini sendiri masih akan terus berlangsung.


sumber:
http://www.feedberry.com/2010/02/09/perkembangan-tablet-dari-gridpad-apple-newton-sampai-apple-ipad/
http://teknologi.vivanews.com/news/read/176528-samsung-galaxy-tab-siap--bunuh--apple-ipad?utm_source=twitterfeed&utm_medium=twitter
http://teknologi.vivanews.com/news/read/179418-blackpad--tablet-blackberry-hadir-pekan-depan
http://techno.okezone.com/read/2010/09/28/57/376663/tablet-blackberry-itu-bernama-playbook
http://techno.okezone.com/read/2010/09/28/57/376706/57/rim-ipad-trendsetter-playbook-akan-mengubahnya
http://techno.okezone.com/read/2010/09/28/57/376669/57/melihat-spesifikasi-tablet-blackberry


Sumber : http://www.creativebrain.web.id/media.php?action=readnews&id=161&title=Perkembangan%20Teknologi%20PC%20Tablet%2C%20Apple%20iPad%2C%20Samsung%20Galaxy%20Tab%2C%20dan%20BlackBerry%20PlayBook#ixzz1fkwXwGRk
kunjungi www.creativebrain.web.id 

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

 

©Copyright 2011 Anggi Meliyan Saputra | TNB