Jurus Jitu untuk Traveling Satu Hari yang Berkesan

Kamis, 17 Oktober 2013 0 komentar
1. Tentukan daerah yang akan dikunjungi

Sebelum berangkat, hal pertama yang dilakukan adalah menentukan destinasi mana yang akan dikunjungi. Pilihlah daerah yang tidak terlalu jauh, atau daerah yang bisa dikunjungi dengan waktu tempuh tak terlalu lama.

Untuk jalur darat, idealnya daerah yang dikunjungi bisa ditempuh maksimal 3 jam, pulang pergi menjadi 6 jam. Jika menggunakan jalur udara alias pesawat, pilihlah destinasi yang bisa dicapai maksimal 2 jam, pulang pergi menjadi 4 jam. Hal ini karena jika lebih dari itu, waktu Anda hanya akan habis di perjalanan.

2. Pastikan tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi berjarak tak terlalu jauh

Setelah menentukan daerah mana yang akan dikunjungi, lanjutkan perencanaan dengan menentukan tempat wisata. Pastikan kawasan wisata yang Anda kunjungi berjarak tidak jauh satu sama lain. Ini untuk menghemat waktu selama di tempat tujuan. Jadi, lokasi wisata yang akan dikunjungi pun bisa lebih banyak.

3. Berangkat pagi dan pulang malam

Setelah dua poin di atas terpenuhi, langkah selanjutnya adalah menentukan jam berangkat dan pulang. Jika ingin merasakan liburan maksimal dengan banyak mengunjungi tempat wisata, sebaiknya berangkat pagi hari dan pulang malam hari.

Jika naik kereta, pilih kereta pertama yang berangkat ke daerah tujuan. Jika naik pesawat, pilihlah penerbangan pertama. Sebaliknya, untuk waktu pulang, pilihlah kereta/pesawat terakhir.

4. Gunakan kendaraan yang mudah seperti ojek

Jika sudah tiba di daerah tujuan, sebaiknya pilih ojek sebagai transportasi. Ada banyak pertimbangan kenapa memilih ojek. Salah satunya adalah ojek termasuk kendaraan yang bebas macet.

Transportasi ini bisa melalui jalan sempit atau jalan alternatif yang mungkin tidak bisa dilalui mobil. Ini jelas mempercepat waktu Anda mencapai destinasi tujuan. Tapi jika di destinasi tujuan tidak ada ojek, carilah moda transportasi lain yang bisa membawa Anda berkeliling dengan cepat.

5. Patuhi itinerary

Ini hal terakhir perlu diperhatikan traveler. Untuk mendapatkan liburan satu hari yang maksimal dan berkesan, Anda harus mematuhi itinerary yang telah dibuat. Mulai dari waktu berangkat, lama waktu selama di lokasi wisata, hingga tempat-tempat mana saja yang akan dikunjungi, harus Anda ikuti sesuai itinerary yang telah dibuat.

Ingat, waktu Anda terbatas. Jangan tergoda dengan aneka tempat belanja atau destinasi yang tidak ada dalam itineraru awal Anda. Salah-salah, agenda liburan Anda bisa kacau dan liburan tidak bisa dinikmati dengan maksimal.

http://travel.detik.com/read/2013/02/04/094406/2160176/1048/5-jurus-jitu-untuk-traveling-satu-hari-yang-berkesan

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

 

©Copyright 2011 Anggi Meliyan Saputra | TNB